Manfaat Apel Malang dan Manalagi, Jenis Apel Asli Indonesia

  Apel merupakan buah yang paling populer di dunia. Apel sering dijadikan buah favorit banyak orang. Ada sekitar 25.000 jenis apel di dunia. Di Indonesia, apel lokal maupun impor banyak ditemukan di pasaran. Di Indonesia, …

 

Apel merupakan buah yang paling populer di dunia. Apel sering dijadikan buah favorit banyak orang. Ada sekitar 25.000 jenis apel di dunia. Di Indonesia, apel lokal maupun impor banyak ditemukan di pasaran.

Di Indonesia, salah satu kota yang terkenal akan produksi apel adalah Malang dengan apel Malangnya. Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini dijuluki sebagai ‘kota apel’ karena memang terkenal dengan produksi apel yang begitu banyaknya, sampai diekspor keluar negri serta dijual ke banyak daerah di Indonesia.

Apel lokal memiliki ciri warna cenderung pucat, sedangkan apel impor berwarna cerah. Cukup mudah membedakan apel impor dan apel lokal di pasaran. Walaupun apel lokal memiliki warna yang cenderung pucat, tapi rasa dan khasiatnya tidak kalah jauh dengan apel impor.

Salah satu jenis apel yang banyak ditanam di Malang adalah jenis Apel Manalagi yang memiliki aroma yang wangi ini berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang. Tetap berwarna hijau kekuningan jika sudah matang. Jenis apel ini memiliki pori kulit buah yang tampak nyata, halus, dan renggang.

Berbentuk bulat panjang, pangkal dan pucuknya berlekuk ke dalam. Rasanya yang segar dan manis serta warna dagingnya putih kekuningan agak liat dan sedikit kering dengan kadar air 84,05 persen.

Penampilannya tergolong kecil dibandingkan dengan apel lainnya, berdiameter sekitar 4-7 cm. Apel ini disukai banyak orang dan sudah merajai pasar domestik.

Nutrisi Buah Apel

Satu buah apel berukuran sedang atau sekitar 182 gram menawarkan sejumlah nutrisi berikut, melansir Healthline:

  • 95 kalori
  • 25 gram karbohidrat
  • 4 gram serat
  • 14 persen dari kebutuhan harian vitamin C
  • 6 persen dari kebutuhan harian kalium
  • 5 persen dari kebutuhan harian vitamin K

Apel juga mengandung sekitar 2-4 persen kebutuhan harian mangan, tembaga, serta berbagai vitamin seperti A, E, B1, B2, dan B6.

Apel juga kaya akan polifenol, senyawa antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Polifenol diketahui memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan daya ingat, menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan lain-lain. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, konsumsi apel bersama dengan kulitnya.

Manfaat Apel untuk Tubuh

1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat apel hijau bagi kesehatan yang pertama yakni bisa mengontrol berat badan. Hal tersebut terjadi karena apel hijau memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Makan apel hijau ini akan membantu Anda dalam mengontrol pola makan. Serat tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sisa makanan yang belum dikeluarkan bersama feses akan terbantu karena adanya serat ini.

2. Pencegah Diabetes

Manfaat buah apel hijau selanjutnya yakni bisa mencegah diabetes. Pada buah apel hijau kandungan gulanya lebih sedikit dibanding dengan jenis apel lainnya.

Namun, apel hijau ternyata memiliki serat yang lebih banyak. Selain itu, apel hijau kaya akan kandungan vitamin B1. Kandungan vitamin B1 tersebut dapat mengatasi kadar gula berlebih yang ada di dalam tubuh.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Apel hijau memiliki kandungan zat besi yang akan sangat membantu penyerapan oksigen dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu apel hijau kaya akan vitamin dan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Itu tadi manfaat dari mengkonsumsi apel, aneka jenis apel berkualitas segar bisa didapatkan di TaniHub sebagai tempat belanja buah dan sayur online terbaik saat ini. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store. Mudah bukan?

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub