Lakukan 5 Hal Ini agar Travelling Kamu Ramah Lingkungan

Siapa sih yang tidak menunggu momen liburan? Siapapun menantikannya agar bisa menikmati wisata baik alam ataupun buatan nyatanya bisa merefresh pikiran yang penat akan pekerjaan dan pelajaran. Berikut ini ada beberapa tips travelling yang ramah …

Siapa sih yang tidak menunggu momen liburan? Siapapun menantikannya agar bisa menikmati wisata baik alam ataupun buatan nyatanya bisa merefresh pikiran yang penat akan pekerjaan dan pelajaran. Berikut ini ada beberapa tips travelling yang ramah lingkungan loh! Simak sampai akhir ya!

Tips Travelling yang Ramah Lingkungan

Indonesia memang kaya akan wisatanya mulai dari Sabang hingga Merauke. Namun banyak yang tidak sadar jika selama ini perjalanan yang dilakukan sama sekali tidak ramah lingkungan. Padahal seharusnya harus seimbang antara manusia dan alam.

Lakukan tips di bawah ini agar lingkungan tetap terjaga:

  1. Memastikan Rumah dalam Kondisi Hemat Energi

Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa rumah dalam kondisi hemat energi seperti mematikan semua AC, menyalakan lampu utama saja, televisi atau sumber listrik lainnya yang dirasa merugikan.

Paling sering dilupakan adalah mencabut charger HP, padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan, karena tetap mengalirkan listrik walaupun tidak digunakan.

Ambil pelajaran kejadian kebakaran rumah yang diakibatkan adanya arus pendek listrik karena pemilik rumah sedang tidak ada di rumah. Semoga Anda terhindar dari musibah tersebut.

  1. Naik Kendaraan Umum

Kedua, tips travelling yang hemat energi adalah naik kendaraan umum, walaupun terkadang lebih nyaman memakai kendaraan pribadi. Anda harus ingat bahwa polusi yang dihasilkan sangat banyak dan berpengaruh terhadap penipisan lapisan ozon bumi.

Bahkan jika perlu, apabila jarak tempat wisata dengan penginapan tidak terlalu jauh bisa berjalan kaki atau menyewa sepedah saja. Hitung-hitung olahraga untuk membuat tubuh lebih sehat.

Selain itu, naik kendaraan umum juga turut membantu perekonomian orang lain ya, harganya juga lebih terjangkau kok, karena Anda tidak perlu pusing memikirkan bensin, tinggal duduk dan menikmati perjalanan.

  1. Membawa Botol Minum dan Tempat Makan Sendiri

Sampah plastik di Indonesia sangat banyak karena konsumsi plastik minuman yang berlebih. Oleh karena itu, agar liburan tetap ramah lingkungan maka disarankan untuk membawa botol dan minum dan tempat makan sendiri daripada harus membeli di minimarket.

Selain itu lebih hemat pengeluaran juga. Lalu bagaimana jika air habis saat perjalanan masih jauh? Saat ini sudah banyak kok tempat wisata yang menyediakan kran untuk mengisi botol pengunjung, atau bisa membeli air galon saja di warung. Anda tidak perlu khawatir lagi ya.

  1. Membawa Tote Bag untuk Belanjaan

Nah poin keempat ini masih sama dengan pembahasan sebelumnya, tujuannya untuk meminimalisir sampah plastik yang baru bisa diuraikan ratusan tahun. Oleh karena itu, penting untuk membawa tote bag sebagai wadah belanjaan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa tote bag cadangan sebagai tempat sampah sementara. Jadilah warga negara yang baik dengan menghindari nyampah sembarangan.

  1. Menghemat Energi Saat di Penginapan

Terkadang ada masyarakat yang buang-buang energi baik listrik atau air ketika di penginapan dengan prinsip “memanfaatkan fasilitas yang ada”. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena sama dengan tidak merusak alam.

Bagaimana tidak? Sumber air akan cepat habis, akibatnya banyak daerah yang mengalami kekeringan ketika musim kemarau tiba. Jangan sampai hal ini terjadi ya, jadikan liburan senang dan tetap ramah lingkungan.

Beberapa tips travelling di atas sangat mudah dilakukan. Tidak perlu menghabiskan tenaga dan biaya. Mulai ubah kebiasaan liburan boros menjadi ramah lingkungan. Siapa lagi yang bukan menjaga kalau bukan diri sendiri, bukankah ini merupakan cara untuk menyayangi generasi penerus?