Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Ragu dengan Obligasi Ritel Indonesia

Melakukan investasi merupakan salah satu kebiasaan orang-orang sukses di masa sekarang. Anda juga bisa mengikuti jejak para orang kaya dengan melakukan investasi mulai saat ini. Salah satu yang sudah mulai banyak dilakukan oleh masyarakat adalah dengan investasi surat berharga negara atau sering disebut dengan obligasi ritel Indonesia.

Sudah ada banyak kesempatan terbuka bagi siapa saja yang ingin berinvestasi. Anda bisa mencoba untuk memilih obligasi atau investasi surat berharga negara seperti ini. Keuntungan yang ditawarkan cukup menarik serta tingkat keamanannya yang tinggi. Salah satu yang menarik untuk Anda coba di masa seperti sekarang adalah obligasi ritel Indonesia.

Namun sebelum Anda memulai untuk melakukan investasi seperti ini sebaiknya mempelajari terlebih dahulu resiko dan keuntungannya. Obligasi ritel Indonesia adalah instrumen investasi yang disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian keuangan. Investor individu berkesempatan untuk berinvestasi melalui instrumen yang satu ini.

Dengan melakukan investasi obligasi pemerintah, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Setiap investor yang melakukan investasi, telah diatur dengan jelas dan masuk ke dalam APBN. Anda bisa melakukan investasi dengan mudah karena peraturannya tidak rumit.

  1. Cara Melakukan Investasi yang Mudah

Apabila Anda tertarik untuk membeli obligasi pemerintah, sebaiknya mengetahui tentang bagaimana cara untuk membelinya. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Langkah  yang pertama yaitu dengan melakukan registrasi. Selanjutnya Anda tinggal melakukan pemesanan. Lanjutkan dengan proses pembayaran sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Jika sudah berhasil melakukan registrasi dan melakukan pembayaran, nantinya investor akan mendapatkan konfirmasi pembelian.

Tenor atau jangka waktu pembelian obligasi ini cukup pendek yaitu hanya sekitar 3 tahun saja. Meskipun demikian, Anda tetap harus membaca ketentuan obligasi ritel Indonesia termasuk minimum holding period. Dalam masa minimum holding period, investor tidak boleh menjual saham atau obligasi ini kepada orang lain. Jika ingin menjual obligasi ini maka harus menunggu massa minimum berakhir. Massa minimum holding period untuk aplikasi ini hanya sekitar 1 bulan saja. Jadi Anda bisa bersabar menunggu masa tersebut.

  1. Dapat Dijual Kembali

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, obligasi ritel Indonesia dapat dijual kembali melalui pasar sekunder. Setelah massa minimum holding period berakhir, setiap investor bisa menjual kepada orang lain. Anda hanya bisa menjual di pasar sekunder dan nantinya akan mendapatkan dua kemungkinan, yaitu berupa keuntungan atau kerugian. Pelajari sungguh-sungguh agar ketika menjual obligasi tersebut tidak mengalami kerugian.

  1. Adanya Kupon Bulanan

Hal menarik lainnya yang akan didapatkan jika membeli obligasi ritel Indonesia adalah setiap investor bisa mendapatkan kupon bulanan. Kupon ini bisa disebut juga dengan gaji yang akan diberikan kepada investor tiap bulan. Jumlah yang diberikan tergantung dari kondisi pasar. Hal ini sangat tergantung dengan fluktuasi pasar sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan atau kupon dengan nilai besar atau bahkan nilai yang lebih kecil. Kupon ini lebih mirip dengan PPH atau pajak penghasilan. Besaran pajak tersebut adalah sebesar 15%.

  1. Rendah Resiko

Obligasi ritel Indonesia menawarkan begitu banyak keuntungan. Anda akan merasa tenang jika memanfaatkan investasi yang satu ini karena memiliki resiko yang rendah. Hal ini dikarenakan obligasi pemerintah telah dijamin keamanannya oleh negara.

Meskipun terbilang memiliki resiko yang rendah, apabila investasi ini tidak dilakukan serius atau asal-asalan maka risiko kerugian tetap saja mungkin terjadi.

Selain sangat rendah resiko, investor juga akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Agar Anda merasa yakin untuk membeli obligasi ini,  carilah informasi sebanyak-banyaknya dan pelajari secara menyeluruh resiko dan keuntungannya.

Apabila Anda memulai melakukan obligasi, cara yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan aplikasi digibank. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang karena melakukan investasi bersama dengan pakarnya.

Keunggulan Obligasi Melalui Digibank

Obligasi Ritel Indonesia memang menawarkan banyak keuntungan seperti risiko yang rendah dan juga kupon bulanan yang menarik. Selanjutnya Anda perlu mengetahui 3 USP dari obligasi melalui digibank:

  1. Dengan memanfaatkan aplikasi digibank, Anda akan mendapatkan layanan selama 24 jam. Dengan adanya aplikasi ini, setiap investor tidak harus datang ke kantor.
  2. Melakukan investasi atau obligasi ritel Indonesia melalui aplikasi digibank by DBS juga sangat menguntungkan karena investor bisa mendapatkan imbal hasil secara rutin setiap bulannya.
  3. Investasi ini sangat cocok untuk pemula karena Anda bisa mulai dari nilai yang paling kecil yaitu sebesar Rp1.000.000.
  4. Keuntungan lain yaitu setiap investor bisa menikmati keuntungan yang besar bahkan lebih besar dari deposito, serta tidak khawatir dengan resiko.

Anda yang masih pemula tidak perlu merasa ragu lagi untuk melakukan investasi atau membeli obligasi pemerintah ini. Hal yang terpenting adalah melakukan pengelolaan obligasi ritel Indonesia dengan tepat serta memanfaatkan aplikasi digibank. Langsung saja download dan install aplikasinya serta follow Instagram digibank. Dengan berinvestasi, masa depan Anda akan lebih baik.