Vaksin Moderna: Menilik Harga, Cara Kerja dan Efek Sampingnya

Vaksin Moderna: Menilik Harga, Cara Kerja dan Efek Sampingnya

Perusahaan bioteknologi kenamaan asal Amerika Serikat, Moderna turut mengembangkan vaksin virus corona. Perusahaan Moderna melakukan kerja sama dengan National Institutes of Health. Moderna melakukan pengembangan vaksin covid-19 dan dinamai dengan mRNA-1273. Harga tiap satu dosisnya dibanderol dengan harga sebesar Rp 350 ribu hingga Rp 500 ribu. Nah bagi anda yang penasaran dengan Vaksin Moderna ini, yuk intip penjelasan selengkapnya di bawah ini.

 

Penjelasan tentang vaksin Moderna (mRNA-1273)

Anda perlu mengeluarkan biaya untuk memperoleh vaksin virus corona dari perusahaan Moderna hampir sama dengan vaksin flu. Berdasarkan hasil uji coba tahap akhir yang dilakukan perusahaan bioteknologi Moderna diperoleh data bahwa tingkat efektivitas vaksin mencapai prosentase yang nyaris sempurna yaitu sebesar 94,5 persen. Tingkat efektivitas vaksin melebihi ekspektasi yang diharapkan ilmuwan di perusahaan.

Moderna mengembangkan vaksin yang dilakukan dengan cara menyuntikkan potongan materi genetik virus m-RNA ke dalam sel manusia. Protein yang dikembangkan oleh perusahaan memiliki tingkat kemiripan yang sangat mirip dengan virus COVID-19. Protein yang dikembangkan tersebut nantinya akan berfungsi untuk melatih sistem kekebalan yang ada pada tubuh dan mengenali keberadaan virus corona.

Pemberian vaksin akan dilakukan dalam dua dosis dalam kurun waktu empat minggu atau satu bulan. Berdasarkan data uji klinis fase ke tiga yang telah berlangsung bulan Juli 2020 diperoleh hasil yang baik. Penemuan pada fase awal menunjukkan subjek penelitian berada dalam kondisi yang sehat dan menghasilkan sel antibodi yang baik. Bahkan itu terjadi pada usia lanjut sekali pun.

 

Efek samping yang bisa terjadi disebabkan suntikan vaksin mRNA-1273

Vaksin virus corona yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat ini nyatanya bisa menimbulkan efek samping. Perlu diketahui bahwa penggunaan vaksin moderna akan dilakukan sebanyak dua dosis dengan selang waktu empat minggu. Sementara efek samping yang sering kali muncul setelah pemberian vaksin dosis ke dua.

Pada suntikan vaksin pertama, subjek merasakan efek samping nyeri di area bekas suntikan. Sementara untuk efek samping yang terjadi ketika suntikan vaksin dosis kedua diantaranya subjek merasakan lelah yang berlebihan, sakit pada otot, nyeri di area bekas suntikan, sakit di persendian, sakit kepala, dan mengalami kemerahan di area bekas suntikan. Efek samping yang dirasakan ada yang sifatnya ringan hingga sedang.

Efek samping yang muncul tidak berlangsung lama. Dan rasa sakit yang ditimbulkan masih bisa ditolerir. Berdasarkan hasil laporan, efek samping akan berangsung reda hingga kurun waktu kurang lebih 12 jam. Perusahaan akan terus melakukan investigasi dari mana asal rasa sakit akibat efek samping pemberian vaksin. Karena masih belum diketahui efek samping akibat penyuntikan atau akibat plasebo yang menjadi alat kontrol uji.

Begitulah penjelasan singkat tentang virus moderna dan efek samping yang bisa timbul dari pemberian vaksin. Nah apabila anda ingin mengetahui lebih dalam tentang perkembangan virus corona dan vaksin untuk virus tersebut, anda bisa download aplikasi Halodoc. Di sana banyak informasi yang akurat dan aktual seputar dunia kesehatan.

Selain itu anda juga bisa mendapatkan pelayanan dalam dunia kesehatan seperti konsultasi dengan dokter yang tergabung di Halodoc. Di dalamnya ada dokter umum dan dokter spesialis juga lho. Anda juga bisa membeli vitamin kesehatan untuk menjaga imunitas tubuh di fitur yang ada di aplikasi tersebut. Halodoc bermanfaat sekali bagi dunia kesehatan.